SMPN 2 Buduran menjadi tuan rumah dalam kegiatan Peer Teaching mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) yang diikuti oleh 34 guru dari Kluster 1. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan mengajar dan berbagi pengetahuan antar guru, serta mendorong pengembangan diri yang berkelanjutan dalam dunia Pendidikan, tepatnya pada hari Kamis (6/02/2025).


Acara dimulai pukul 09.00 WIB, diawali dengan sambutan hangat dari Kepala Sekolah SMPN 2 Buduran, Ibu Wenny Arie Puji Susanti, S.Pd., M.Pd. Dalam sambutannya, Ibu Wenny menyampaikan ucapan selamat datang kepada seluruh peserta. “Selamat datang di SMPN 2 Buduran. Semoga kegiatan ini memberikan kesempatan untuk belajar, berbagi, dan berkolaborasi. Saya berharap kegiatan ini dapat memberikan motivasi bagi semua guru untuk terus mengembangkan diri demi kemajuan pendidikan dan bermanfaat bagi siswa,” ujar Ibu Wenny dengan penuh semangat.
Kegiatan Peer Teaching ini dipandu oleh salah satu guru SMPN 2 Buduran yang sangat inspiratif, Ryan Aryuansyah Artya Widodo, S.Pd. Sebagai fasilitator, Ryan menyampaikan materi dengan penuh energi dan antusiasme, membuat suasana sangat interaktif. Peserta yang hadir terlihat sangat antusias, dengan berbagai pertanyaan yang muncul dan diskusi yang berkembang. Senyum ceria dan semangat para guru menciptakan suasana yang positif dan mendukung proses pembelajaran.



Selama sesi tanya jawab, Ryan memberikan penjelasan mendalam mengenai berbagai metode pengajaran IPA yang dapat diterapkan di kelas, serta cara-cara kreatif dalam menyampaikan materi agar lebih menarik dan mudah dipahami oleh siswa. Tak hanya itu, Ryan juga menekankan pentingnya kolaborasi antar sesama guru untuk saling mendukung dan memperkaya pengalaman mengajar.
Kegiatan ini berakhir pada pukul 11.00 WIB, ditutup dengan doa yang dipimpin oleh salah satu peserta. Sebelum meninggalkan tempat, para guru menyampaikan terima kasih atas kesempatan untuk saling berbagi ilmu dan inspirasi. Beberapa peserta mengungkapkan bahwa mereka merasa termotivasi untuk terus berkembang dan berinovasi dalam pengajaran mereka.






“Acara ini sangat bermanfaat dan menyenangkan. Saya mendapatkan banyak ide baru untuk diterapkan di kelas. Semoga kita bisa terus berbagi ilmu dan saling mendukung satu sama lain,” ungkap salah satu peserta dengan antusias.

Kegiatan Peer Teaching ini diharapkan dapat menjadi wadah yang tidak hanya mengasah keterampilan mengajar, tetapi juga memperkuat hubungan antar guru di lingkungan pendidikan, serta mendorong terciptanya suasana belajar yang lebih menarik dan efektif bagi siswa.